Skip to main content

Mohon ijin untuk melaporkan kegiatan Roadshow Go Start Up Indonesia di Makassar.

Pelaksana Kegiatan:
Koordinator Aplikasi, Direktorat Aplikasi, Permainan, Televisi dan Radio Kemenparekraf

Waktu:
Kamis, 10 Oktober 2022 pukul 09.00-17.30

Tempat:
Swiss-Belhotel, Makassar, Sulawesi Selatan

Acara:
Roadshow Go Start Up Indonesia di Makassar

Peserta:
80 Offline & 30 Online

Perwakilan Kemenparekraf:
– Syaifullah (Direktur APTR)
– Herwanto S. Prabowo (Koordinator Aplikasi)
– Hernawan Mukti S. (Sub Koordinator Aplikasi 1)
– Hessa Rizky Putra (Sub Koordinator Aplikasi 2)

Narasumber:
– Benardinus Boyke Rachmanda (Head Of Operations and Special Projects
Plug and Play Indonesia)
– Patota Tambunan (Head of Tribe Ekosistem Inovasi Kesehatan)
– George Erlangga Siregar (Co-Founder Investa Syailendra Nuswantara)
– Ivan A. Sandjaja (Managing Director Global Entrepreneurship
Network Indonesia)
– Rabbi Givatama (Head of Investment & Synergy Mandiri Capital
Indonesia (MCI) / Amvesindo)
– Dewa Putu Ekayana (JF Analis keuangan Madya Badan Kebijakan
Fiskal Kementerian Keuangan)
– Zulkarnaim Masyhur (Founder Darah Kita)

Berikut adalah rangkuman Acara:
– Acara dimulai dengan pembukaan oleh Syaifullah (Direktur APTR) pada pukul 09.30. Pada pembukaan dan sambutan, beliau memberikan gambaran tentang Go Start Up Indonesia dari 2018 pada saat dilaksanakan di Bekraf, hingga diinisiasi kembali pada tahun 2022 ini. Beliau juga menjelaskan rangkaian ini merupakan roadshow yang nantinya pada bulan juli nanti akan dilakukan open call Online mentoring dan inkubasi GSI.

– Sesi pertama adalah sesi panel. Pada sesi ini, bapak Herwanto Sidik Prabowo menjadi moderator dengan Dewa Ekayana (menjelaskan bagaimana aspek keuangan dan cycle dari start up), Hessa Rizky Putra (menjelaskan GSI tahun 2022), dan Patota Tambunan (menjelaskan bagaimana start up kesehatan sedang dibutuhkan pada saat pandemi ini) sebagai narasumber.

– Sesi kedua diisi oleh Benardinus Boyke Rachmanda. Pada sesi ini peserta cukup antusias dengan penjelasan bagaimana plug n play menjadi inkubator namun hanya akan menerima start up yang sudah terjun langsung ke lapangan seperti hanya baru idenya saja.

– Sesi ketiga diisi oleh Rabbi Amrita Givatama. Beliau menyatakan Kami berinvestasi pada orang – para pendiri yang ulet, berani, dan luar biasa dengan ide-ide revolusioner yang menemukan kembali cara kerja industri dalam jangka panjang. Karakteristik investor terutama Mandiri Capital Indonesia juga dijabarkan, termasuk cara agar dapat memberikan solusi sesuai karakteristik tersebut.

– Sesi keempat adalah panel yang dimoderatori bapak Herwanto Sidik Prabowo. Narasumbernya adalah George Erlangga Siregar (menjelaskan bagaimana survive dan pitching, seperti mengenal investor karena mereka hanya menilai tidak lebih dari 10 menit), Ivan Sandjaya (Menjelaskan teknik dalam pitching) dan Zulkarnaim Masyhur (menjelaskan bagaimana kondisi darah kita dan pengalaman pitching serta difasilitasi oleh bekraf dahulu).

– Sesi terakhir adalah latihan pitching yang dilakukan oleh beberapa peserta baik online dan offline. Peserta diberikan waktu sebanyak 3 menit dalam mempresentasikan ide ataupun start upnya. Presentasi akan diberikan feedback oleh narasumber agar dapat diperbaiki di open call GSI atau pada acara pitching lainnya.

FF

Leave a Reply