Skip to main content

NOTULEN

Judul Kegiatan : Talkshow dan Pengambilan Data Pelaku Ekonomi Kreatif Dalam Rangka Penyusunan Peta Jalan Transformasi Digital Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Tanggal           : 26 April 2022

Tempat            : Hotel Atria Magelang

  1. Materi dari M. Azhar Iskandar Zainal

Judul “Peningkatan Kapasitas Pelaku Ekraf dalam Memanfaatkan Pasar Digital”

Dampak Pandemi Covid-19

  • Dari 17 Subsektor ekonomi kreatif hanya aplikasi dan game developer memiliki dampak positif selama pandemi.
  • Pandemi covid menyebabkan adanya perubahan untuk melakukan digitalisasi bisnis agar bisnis tetap berjalan
  • Perubahan aktivitas industri kreatif (17 subsektor) menjadi beralih online, dibatalkan, diubah dan ditangguhkan

Peluang/Potensi mengenai ekonomi digital dan ekonomi kreatif Indonesia

  • Ada 267 juta populasi, 338,2 Juta Perangkat Ponsel, 175 Pengguna Internet, 160juta Pengguna aktif media sosial dan lainnya yang menjadi potensi besar yang dapat dimanfaatkan pelaku ekraf
  • Bagi sektor kuliner, fashion dan kriya adanya marketplace dapat secara efektif meningkatkan penjualan, exposure.
  • Sedangkan bagi seni rupa, seni musik, seni pertunjukan saat ini masih diperlukan informasi detail dari peserta ekraf guna penyusunan peta jalan yang akan dibuat agar lebih bermanfaat dan menjadi bahan informasi pembuat kebijakan

Ekosistem Digital Ekonomi Kreatif

  • Ekosistem Digital Ekonomi Kretif meliputi Pasar, talenta, budaya, produk (berbasis KI), Pembiayaan, infrastruktur dan teknologi, kebijakan dan regulasi.
  • Permasalahan yang dihadapi pelaku Ekraf
    • 9% UMKM memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara optimal
    • 83,32% belum berbadan hukum
    • 88,95% belum memiliki HKI
    • 92,37% menggunakan modal sendiri
    • 92,56% pendapatan rata-rata dibawah 300 juta per tahun
  1. Materi dari Khresna Bayu Sangka

Judul “Mekanisme Penyusunan Instrumen Transformasi Digital”

  • Data-data informasi yang perlu dikumpulkan
  1. Akses (input)
  2. Dukungan Teknologi
  3. Dukungan Insfrastruktur
  4. Layanan data yang digunakan
  5. Dukungan kerangka regulasi
  6. Kemampuan dan keahlian
  7. Analisis dan Evaluasi (Proses)
  8. Pemetaan kondisi existing subsektor ekonomi kreatif
  9. Cita-cita transformasi digital yang tertuang dalam dokumen perencanaan
  10. Kondisi riil dari kedua wilayah kajian untuk mengetahui ketimpangan
  11. Penciptaan konten (output) : rangkaian yang akan dilakukan
  12. Digital infrastruktur
  13. Cyber security, safety dan trust : kerawanan di bidang teknologi
  14. Skilss and inclusion : perlu adanya pendidikan literasi digital
  15. System and regulation
  16. Trade and international engagement
  17. Refleksi
  18. Aksi (Outcome)
  19. Materi dari Mas Kury (Ketua Ekraf Kota Magelang dan IndonesiaArt)

Judul “Era Paska-Kontemporer”

  • Unsur-unsur Ekonomi Digital :
  1. FinancialTech
  2. E-Commerce
  3. On-Demand Services
  4. Internet of Things
  5. Metaverse
  • Ekraf Magelang Hari Ini
  1. Isu ekonomi kreatif belum terlihat sexy :

Dalam RPJMD 2021-2026 (5 tahun) frasa “ekonomi kreatif” hanya disebut selama 8 kali, UMKM disebut 62 kali

  1. Perda pengembangan Ekraf belum ada

Rencana aksi pernah dibuat oleh Bappeda pada akhir tahun 2021

  1. Belum ada data ttunggal pelaku ekraf

Perlu dilakukan pemetaaan terpadu lintas OPD pengampu subsektor karena biasanya tiap OPD memiliki data sendiri-sendiri

  1. Subsektor kuliner & kriya
  • Jadi unggulan tingkat kota berdasarkan hasil uji petik PM3KI tahun 2020
  • E-commerc dan on demand services platform sudah banyak digunakan
  • Penggunaan fintech masih perlu ditingkatkan
  1. Subsektor musik
  • Banyak yang belum bisa monetize karya melalui digital streaming platform
  • Panggung top40 masih menjadi tulang punggung industri
  • Penggunaan live streaming platform bisa jadi salah satu solusi monetasi
  1. KESIMPULAN TALKSHOW
  2. Tidak ada perubahan yang abadi selain perubahan itu sendiri, maka sudah saatnya pelaku ekraf melakukan perubahan dan bertransformasi digital dalam setiap kegiatan ekonomi
  3. Kegiatan ini diharapkan ada kontribusi dari pelaku ekonomi kreatif Pengambilan Data Pelaku Ekonomi Kreatif Dalam Rangka Penyusunan Peta Jalan Transformasi Digital Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
  4. PENGISIAN INSTRUMEN

Pengisian instrumen diikuti oleh 55 peserta ekonomi kreatif dari subsektor kuliner, kriya dan music melalui link htttps://bit.ly/kuisionerTKED_Magelang

FF

Leave a Reply